Theory Acceptance Model (TAM) untuk Mengukur Minat Wanita dalam Mengikuti Pelatihan Prakerja
Abstract
This study intends to obtain the impact of perceived usefulness, perceived ease of use and culture factor to women interest to take a part in pre – employment online training. This study used a quantitative approach and analysis used in this study is SEM Warp PLS 6.0 by collecting data to 300 sample by purposive sampling method. This study adopted Technology Acceptance Model by Fred Davis used perceived usefulness and perceived ease of use variable and collaborate culture factor as novelty. The findings in this study indicate that perceived usefulness, perceived ease of use, and culture factor in a partial and simultaneous impacted to women interest to take a part in pre – employment online training in Serang City.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Siti N.A. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology (Fintech) Syariah (Paytren) Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran. Iqtishaduna, 9(1)
Andespa, Roni. 2017. Pengaruh Budaya dan Keluarga Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1)
Badan Pusat Statistik Banten, 2020a. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Menurut Jenis Kelamin di Provinsi Banten. https://banten.bps.go.id/indicator/6/403/1/tingkat-partisipasi-angkatan-kerja-tpak-menurut-jenis-kelamin-di-provinsi-banten.html
Badan Pusat Statistik Banten, 2020b. Penduduk Berumur 15 tahun ke atas menurut jenis kegiatan. https://banten.bps.go.id/indicator/6/529/1/penduduk-berumur-15-tahun-ke-atas-menurut-jenis-kegiatan.html
Badan Pusat Statistik Banten 2020c. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Banten. https://banten.bps.go.id/indicator/6/156/1/tingkat-partisipasi-angkatan-kerja-tpak-menurut-kabupaten-kota.html
Cahyani, F.I. &Widiyanto. 2019. Pengaruh Budaya Keluarga dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1115-1129.
Haryono, Siswoyo. 2017. Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Luxima: Jakarta.
Indrayana, B, Kudang B.S & Bagus S. 2016. Faktor Penentu Minat Penggunaan Instagram Untuk Pembelian Online Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 2(2)
Lusianingrum dkk, 2020. Faktor Penentu Keputusan Mengikuti Pelatihan Daring pada Wanita Pemilik Kartu Prakerja. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8, 175 -181
Sulistiyarini, Suci. 2012. Pengaruh Minat Individu terhadap Penggunaan Mobile Banking: Model Kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2).
Sumiati. 2020. Dampak Etnosentrime dan Budaya Populer Terhadap Sikap Konsumen serta Implikasinya terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(2), 27-31
Ulfadilah, Nisa. 2013. Evaluasi Tingkat Penerimaan Implementasi E – Laboratory dengan Metode Tecnology Acceptance Model (TAM). Jurnal Matrik, 14(1), 9-20
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.989
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University |