Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Pembentukan Brand Loyalty Teh Pucuk Harum (Studi pada Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur)
Abstract
Marketing is the spearhead in building a business so that it can be continue recognised, so as to achieve the sales target of a product. Brand loyalty is an important concept in marketing strategy. Brand loyalty can be influenced by several factors such as Brand Communication, Brand Awareness, Brand Image, and Brand Satisfaction. The aims of thus research are to determine and analyze the effect of Brand Communication, Btand Awareness, Brand Image, and Brand Satisfaction simultaneously and partiallt on the formation of Brand Loyalty for Teh Pucuk Harum products. The population in this study were college students of the National Development Unversity "Veteran" East Java who had consumed Pucuk Harum Tea. The sample in this study used 100 respondents. With purposive sampling technique. Research data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis. The research resulted in simultaneous and significant Brand Satisfaction, Brand Image, Brand Awareness, and Brand Communication influencing the Formation of Brand Loyalty. But partially there is no significant effect between brand communication on brand loyalty. While partially and significantly for brand satisfaction, brand image, and brand awareness have an effect on the formation of brand loyalty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A., & dkk. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Pemilihan Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Purwakarta (Studi Kasus SMP full day Al-Muhajirin Purwakarta) Alfi Amalia, Oktori Kiswati Zaini, Sri Hidajati Ramdani, Antar M.T Sianturi. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen, 6(4), 1-19.
Andika, R., Kusnadi, E., & Wiryaningtyas, D. P. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Toko Sembako Barokah Dibesuki Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur, 1(2), 810-830.
Arianty, N., & Andira, A. 2021. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50. Retrieved E-ISSN 2623-2634
Baisyir, F. 2021. Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Kepercayaan Merekdan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Hand Body Lotion. e-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(2), 191-201.
Binus, 2020. Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Branding. Retrieved September 2022, from bbs.binus.ac.id: https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2020/10/fungsi-tujuan-dan-manfaat-branding/
Butarbutar, M., & dkk. 2022. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner, 8. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Christyawan, H., & Sukresna, I. M. 2020. Peningkatan Brand Satisfaction Dan Brand Trust Berbasis Brand Value Terhadap Brand Loyalty (Studi Pada Pengguna Apple Iphone Di Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 19(2), 75-91.
Dihni, V. A. 2022, Tiongkok Produsen Teh Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?
Direktorat Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan. 2020. Statistik Teh Indonesia 2020. (H. d. Direktorat Statistik Tanaman Pangan, Ed.) Jakarta, Indonesia: ©BPS RI.
Djunaidi, & Subagyo, H. 2020. Pengaruh Service Scape dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen di SK Coffee Lab Kota Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(1), 1-18.
Dwiputra, Y., & dkk. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Alam Bumi Lestari. Sosmaniora (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora), 1(2), 133-140.
Eko, W. 2022, Inilah Struktur Organisasi Mayora: Dari Jabatan Dan Tugasnya.
Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Atas Prosedur Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. 2022. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 205-222.
Fransiska, W., & Ain, S. Q. 2022. Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 309-320.
Garnews. 2017, Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen.
Gramedia. 2021. Pengertian Brand Awareness: Tolok Ukur, Tingkatan, Peran, dan Upayanya.
Gultom, D. K., & Hasibuan, L. P. 2021. Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Handphone. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 1(1), 214-225.
Gunawan, G., & Santoso, T. 2021. Pengaruh Brand Communication Dan Brand Image Dalam Membangun Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Mediator Pada Brand Pocari Sweat Di Surabaya. AGORA, 9(2).
Illahi, S. K., & Andarini, S. 2022. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Brand Loyalty pada Pengguna Provider Telkomsel di Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6), 1684-1697. doi:10.47476/reslaj.v4i6.1205
Irfanudin, A. M. 2022. Pengaruh Promosi Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Macs Stationery. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(2), 78-85.
Ismail, F. F., & Sudarmadi, D. 2019. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Beton Elemen Persada. Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 1-13.
Jeffry, & Rabiah, A. S. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Loyalty Pada Smartphone Realme Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 336 - 341.
Kurniawan, K. 2021, Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Ahli 2021.
Lazauardi, L. 2021. Pengaruh Komunikasi Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Merek Dan Loyalitas Merek Pada Pengguna Transportasi Online Di Yogyakarta (Grab – Gojek).
Lazuardi, D. 2022, Strategi Meningkatkan Brand Communication Untuk Mendorong Kepuasan Pelanggan.
Lubis, R. M., & dkk. 2022. Strategi Pemasaran Himpunan Mahasiswa Bahasa Jepang dan Sastra Jepang USU dalam Mempromosikan Event Bunkasai USU 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14249-14266.
Mekari Qontak. 2019. Pengertian, Indikator, dan Contoh Brand Loyalty.
Nasution, S. A., & Yuliana, Y. 2021. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pengiriman J&T Express Di Drop Point Krakatau Medan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 185-194.
Ningrum, D. P. 2020. Bauran Pemasaran pada Bisnis Chockles Es Cokelat Di Kota Yogyakarta. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(1), 1-13.
Nuryadiputri, R. S., & Eryandra, A. 2020. Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Spirits, 11(1), 27-50.
Oktavia, N. M. 2021, Analisis Faktor Tingkat Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Bernadi. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO), 5(2), 194-208.
Permatasari, I., Bachri, S., & Ponirin. 2018. Pengaruh Pengalaman Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Shampo L’oréal Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 4(3), 219-228.
Prawira, D. N., & Setiawan, P. Y. 2021. Pengaruh Brand Image, Brand Satisfaction, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Sepatu Merek Nike. E-Jurnal Manajemen, 10(12), 1305-1324.
Pujianto, B. C. 2021. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate Dan Properti Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. Skripsi, Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Purwandari, S., & dkk. 2020. Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Putri, A. D., Anandya, D., & Indarini. 2019. Pengaruh Brand Communication, Brand Image, Brand Satisfaction, Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Pucuk Harum Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(2), 3288-3304.
Putri, S. W. 2021, Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial terhadap Kesadaran Merek dan Citra Merek Adidas dan Dampaknya pada Loyalitas Merek Konsumen.
Rahmawati. 2020. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Minute Maid Pulpy Orange Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2), 109-118.
Riadi , M. 2022, Brand Communication (Pengertian, Aspek dan Indikator).
Rizaty, M. A. 2021, Produksi Teh di Indonesia Mayoritas Berasal dari Jawa Barat pada 2020.
Salma. 2021, Purposive Sampling: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh yang Baik dan Benar.
Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. 2021. Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37-48.
Sitorus, S. A., & dkk. 2020. Brand Marketing: The Art Of Branding. (A. Sudirman, Ed.) Bandung, Jawa Timur, Indonesia: CV. Media Sains Indonesia.
Situmorang, S. H. 2017. Riset Pemasaran. Medan, Sumatera Utara, Indonesia: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. 2020. Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Modus, 32(1), 25-41.
Tarihoran, A. M. 2022, Pengaruh Nama Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Dan Niat Pembelian Ulang Pada Smartphone Xiaomi.
Thabroni, G. 2021, Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Karakteristik & Jenis.
Widianti, W. 2022. Pengaruh Citra Merek, Komunikasi Merek, Kepuasan Dan Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Merek. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(1), 803-828.
Yudianto, K., & Praminto, M. T. 2022. Pengaruh Jaminan Sosial Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Di Bandar Udara Notohadinegoro Jember Jawa Timur. Bullet : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 137-143.
Yuliantari, Y., Nurhidayati, & Sugiyah. 2022. Brand Equity pada Mobil Toyota di Indonesia. Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 9(1), 58-65.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.889
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Batanghari |