Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Klinik Umum Nur Hikmah Sehat
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of service quality and customer satisfaction on customer loyalty. This research was conducted at the Nur Hikmah Sehat clinic located on Margacinta Street Bandung. This research technique uses quantitative methods with questionaire survey techniques. The population of this study was 65 people, with a sample size of 60 people. The results of the study simultaneously state that Price, Service Quality and Customer Satisfaction have a significant effect on Customer Loyalty at the Nur Hikmah Sehat Clinic. While the partial research results state that Price and Customer Satisfaction have an effect on Loyalty. Service quality has a positive effect on Customer Loyalty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akdon, & Riduwan. (2013). Rumusan dan Data Aplikasi Statistika Alfabeta.
Arifin, D. J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Barang Pada Perusahaan J&T Express (Studi Kasus J&T Express Agen Nganjuk). . Skripsi .
Astry, D. A. (2021). Pengaruh Harga, Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jne Express
Gremler, Brown, & Hasan Ali. (2008). Marketing,Medpress (anggota) IKAPI), Yogyakarta.
Griffin, J. (2002). Customer Loyality, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetian Pelanggan.
Haq, M. F., H,Se,Mm, L. B., & Minarsih Se,Mm, M. M. (2020.). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Loffle Pop Up Dessert Pleburan Semarang) .
Hidayat, D. R. (2021). Pengaruh Kualitas PelayananDan Harga Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Deddy Rakhmad Hidayat. Jurnal Managemen Sains dan Organisasi, 40.
Keller, K. d. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13 Jilid 1.
Kotler Philip dan Keller K L. (2009). Manajemen pemasaran . jilid 1.
Madjowa, I. S., Levyda, & Abdullah, S. (2022). Tingkat Loyalitas Pelanggan Ditinjau dari Kualitas Pelayanan Melalui Variabel Moderating Kepuasan Pelanggan, Vol.6 No 1.
Ningtias, A. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Bimbingan Belajar Alfagamma Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6, 13-14.
Rahmadine, G. D., Utami, E. U., & Widyanti, H. (2022). Pengaruh Kualitas Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pelanggan BRI Sebagai Variabel Mediasi.
Raka, M. C., Lindawati, & Zeshasina, R. (2020). Pengaruh Harga, Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ayam Gepuk Pak Gembus Di Kota Padang (Studi Kasus Ayam Gepuk Pak Gembus Cabang Ahmad Yani). Skripsi.
RI, M. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor.28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima.
Wibowo, A. E. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Di Kota Magelang.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i2.875
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University |