The Influence of Product Design, Price, and Promotion on Consumer Buying Interest (Case Study on Convection of Alvin Jaya Collection in Bandung Regency)

Dede Hertina, Intan Dewi Yuli Yutika

Abstract


This study aims to determine the influence of product design, price,, and promotion on consumer buying interest. The object of this research is Alvin Jaya Collection Convection in Bandung Regency. This research method uses a descriptive method and the research uses quantitative data. The population in this study are consumers of Alvin Jaya Collection. The sampling technique uses non-probability sampling with accidental sampling techniques. This study used a sample of 60 respondents. The research result stated that product design variables partially did not effect on purchase intention. Meanwhile, the price, and promotion variables partially have a significant impact on purchase intention. Product design, price,, and promotion variables have a significant effect on purchase intention, simultaneously.


Keywords


Product Design, Price, Promotion, Buying Interest

Full Text:

PDF

References


Alfiani, S. R. (2019). Pengaruh Desain Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Tunecca . Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala, 3, 49–56.

Bakti, U., & Septijantini Alie, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. In Jurnal Ekonomi (Vol. 22, Issue 1). https://mediakonsumen.com/2018/05/14/sur

Durianto. (2008). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Halim, N. R., & Iskandar, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Persaingan Terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.291

Hardiyanti, & Prabantoro, G. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, Citra Merek (Brand Image), Dan Bintang Iklan (Celebrity Endorser) Terhadap Minat Beli Kosmetik Focallure “Studi Kasus : PT Hexindo Adi Perkasa, Tbk.†Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Hertina, D., Sahid, A., Aidil, Y., & Kadiman, B. (n.d.). Pengaruh kepercayaan media sosial dan promosi terhadap penjualan sepatu akasafootstore Bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(9), 2022. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. P. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1).

Irvanto, O., & Sujana. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger(Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). JIMKES : Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 105–126.

Kotimah, K. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Hardware Semarang. Universitas Diponogoro.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.

Marinda, T. (2021). Pengaruh Desain Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Mobil Honda di PT.Honda Maju Mobilindo Cabang Palembang. Universitas Tridinanti Palembang.

Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2020). Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 41–49.

Nasution, M. F. R., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(2).

Nf Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Pangesti, I., & Susanto, R. (2020). Pengaruh Desain Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Sepeda Motor Matic Yamaha NMAX. JABE ( Journal of Applied Business and Economic, 6(2), 165–172.

Powa, G. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Wenas, R. S. (2018). The Influence Of Quality Products, Prices And Word Of Mouth To Interest In Buying Consumers Handphone On Student Unsrat Feb. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197.

Pramono, R. (2012). Analisis Pengaruh Hargakompetitif, Desain Produk, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Yamaha. Universitas Diponegoro.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1).

Septiani, F. (2017). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Pt Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). J. Mandiri, 1(2), 274–288.

Susanto, A. (2019). Pengaruh Merek, Desain Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Persebaya Store Gresik. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 2(2), 62–67. http://journal.umg.ac.id/index.php/jreJRE

Swastha, B., & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Bayu Medi Publishing.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1). http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.