Peran Entrepreneurial Orientation dan Learning Capability: Persepektif Resource Based Heory
Abstract
This research begins with gap research on the influence of the introduction of entrepreneurial orientation on company performance based on the Resource-based theory (RBT). This study analyzes the effect of entrepreneurial orientation assistance and learning ability on company performance which is mediated by the competitive advantage of halal food SMEs in the city of Salatiga. The results of multiple linear regression of 112 respondents stated that entrepreneurial orientation, company performance had a significant positive effect on company performance, and competitive advantage was able to mediate the effect of entrepreneurial orientation and learning ability on company performance.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Marnis, & Samsir. (2014). Strategi orientasi pasar, inovasi, dan orientasi pembelajaran pengaruhnya terhadap kinerja usaha serta dampaknya terhadap keunggulan bersaing (studi pada industri jasa salon kecantikan dan spa dikota penaknbaru ). Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan, 4(12), 295–310.
Asmani, J. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah: Strategi Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas untuk Melahirkan Sekolah Unggulan. DIVA PRESS.
Drucker. (1996). No Title.
Feranita & Setiawan. (2018). Peran keunggulan bersaing dalam memediasi dampak orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM. Majalah Ilmiah “ DIAN ILMU,†18(1).
Jannah, M., Irawati, A., & Purnomo, H. (2019). Pengaruh Orientasi Kewiraushaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM Batik Gedog Khas Tuban. Eco-Entrpreneurship, 5(1), 33–48.
kumalaningrum, M. pampa. (2012). No Title. Ekonomi, 1(23), 13–25.
Layoo, N., & Rahman, W. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dengan Kinerja Usaha Mikro Kecil Di Kabupaten Banggai. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 29. https://doi.org/10.26740/jepk.v7n1.p29-44
Lucky & Novianti. (2019). Pengaruh orientasi pembelajaran dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing (pada sentra industri percetakan pagarsih kota Bandung).
Mustikawati, & &Tysari. (2014). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi & Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Usaha (studi pada UKM sentra Kabupaten Malang). Modernisasi, 10(1), 23–37.
Pada, U., Kerajinan, U., Berorientasi, K., & Di, E. (2012). Reswanda, Pengaruh Orientasi Kewirausahaan … ISSN: 1412-5366. XI(2), 65–91.
Puspasari & Rahardjo. (2017). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan dukungan partner terhadap keunggulan bersaing (studi pada industri makanan dan minuman skala kecil dan menengah di kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 1–8.
Rahmadi, A. N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri. Jurnal Ekbis, 21(2), 178. https://doi.org/10.30736/je.v21i2.510
Rakib, M. (2010). Pengaruh Model Komunikasi Wirausaha, Pembelajaran Wirausaha, dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 121–129.
Rini, Lisnini , Fetty Maretha, yulia febrianti. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 405–405.
Saragih, D. L. M. (2012). Jurnal sains pemasaran indonesia. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IX(2), 146–155.
Sarkowi. (2017). keunggulan bersaing; kajian tematis tafsir al-qur’an. Qolamuna, 3(1), 117–132.
Satwika, dkk. (2018). Pengaruh orientasi pasar serta inovasi terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja usaha. Satwika, Dkk, 7(3), 1481–1509.
Slamet & Iskandar. (2016). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha pada pemilik UKM sektor manufaktur garmen di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 16(1).
Sondra & Widjaja. (2021). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan konveksi di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2).
Sugiono & Efendi. (2019). Strategi peningkatan keunggulan bersaing ikm: peran pembelajaran organisasi dan inovasi. Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 45–56.
Tenun, M., & Di, I. (2016). Membangun Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Pada Industri Kecil Menegah Tenung Ikat Di Troso, Jepara. Jurnal Bisnis Strategi, 25(2), 171–182. https://doi.org/10.14710/jbs.25.2.171-182
Utama, W. & L. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Kompetitif Pada UKM Industri Kreatif Dengan Kapasitas Inovatif Sebagai Faktor Mediasi Dalam Masa Pandemik Covid-19. Bina Manajemen, 9(1), 30–43.
Venny, & Febriyantoro, M. T. (2020). Sustainable entrepreneurial orientation dan keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis: studi pada umkm di kota batam. DeReMa (Development of Research Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 257–281.
Witjaksono, H. P. (2014). ANALISIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN SUMBER DAYA INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Furniture Kabupaten Jepara). Jurnal Bisnis Strategi, 23(1), 82–110.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.834
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University |