Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of product quality and brand image on consumer satisfaction through the decision to purchase Vans shoes in Wonosari City. The population in this study are all Vans shoe users in the city of Wonosari whose number is unknown. Sampling used using the formula for calculating the Hair sample, so that a total sample of 114 respondents was obtained. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis method, classical assumption test, multiple regression analysis, and hypothesis testing. The results of this study indicate that product quality and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions. Purchase decisions have a positive effect on consumer satisfaction. Product quality and brand image have a positive and significant effect on consumer satisfaction
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, A., Sudarwati, S., & Maryam, S. (2021). Purchase Decision Based on the Brand Image, Product Design and Lifestyle on Converse Shoes in Surakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(1), 53–59. https://doi.org/10.29040/ijebar.v5i1.1907
Aryadhe, P. dan Rastini, N. . (2016). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang di PT. Agung Toyota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 05(09).
Bahar, A. dan S. H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang. Jurnal Organisasi Dan Manajemen: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya Makassar, 3(14–34).
Barus, Y. Y., Sinaga, R. V., & Sagala, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Milala Service Station Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20, 141–150. https://doi.org/10.54367/jmb.v20i1.694
Deccasari, D. D., & Amin, A. (2021). Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Sepatu Merek Sketchers ). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 67–82.
Diawan, N. S., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2016). ( Case study on Indomaret Customers JL . Raya Tlogomas No . 37 , Malang ). Administrasi Bisnis, 30(37), 8–16.
Dr.Sandu siyoto. (2017). dasar metodelogi penelitian.
Ernawati, D. (2019). Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Wawasan Manajemen, 7, 17–32.
Erni Masdupi , Syintia Sabrina, M. (2019). Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(2), 66–72. https://doi.org/10.24036/jkmb.11219200
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261
Komala, R. D. (2017). Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 3(2), 330–337.
Maupa, H. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 135–168. https://doi.org/10.26487/jbmi.v16i2.7400
PERMANA, B. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Warunk Gacoan Cabang Kediri. Simki-Economic, 02(02), 1–9.
Ramadhan, A.G. dan Sentosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra merek Terhadap Minat beli Ulang Pada Sepatu Nike Running di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponogoro Journal Of Management, 6(1), 1–12.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management
Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.150
Saputro, A. A., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement, Testimoni, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Blibli. com (Studi Pada Mahasiswa FEB Unisma …. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 1(2), 1141–1155. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8358
Sari, D. A. T. (2020). Role of consumer satisfaction in mediating effect of product quality on repurchase intention. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(1), 217–226. https://doi.org/10.21744/irjmis.v7n1.839
Siahaan, A. S., & Setiawati, C. I. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University). 5(3), 3813–3820.
Sofya, D. N., & Purwanto, S. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Vans. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(3), 28. https://doi.org/10.32503/jmk.v6i3.1871
Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714
Yunus, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi dan Lingkungan Fisik Terhadap Pembelian Ulang Pada Warung Kopi Harapan J2 di Kota Palu. E-Jurnal Katalogis Universitas Tadulako, 2(7).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.750
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Batanghari |