Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumtif Fans NCT Dream terhadap keputusan Pembelian Mie Lemonilo

Dyah Ayu Sekar Dinny, Sugeng Purwanto

Abstract


This study discusses the influence of brand ambassadors and consumptive behavior of NCT DREAM’s fans on the purchase decision of Mie Lemonilo. The independent variable in this study is the brand ambassador and consumptive behavior of NCT Dream’s fans while the dependent variable is the purchase decision of Mie Lemonilo. The research method used is a quantitative research method with a total of 100 respondents obtained using a random sampling method from the entire population of NCTzen who are followers of the @JANCITYbase twitter account. This study uses Partial Least Square (PLS) test equipment and the results of this study indicate that brand ambassadors and consumptive behavior have a positive and significant effect on purchasing decisions for Mie Lemonilo.


Keywords


NCT Dream, Brand Ambassador, Consumpyive behavior

Full Text:

PDF

References


Amelia Nur Izza, 2021. Pengaruh brand ambassador, perilaku konsumtif, dan fanatisme terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic dalam perspektif ekonomi Islam: studi kasus pada konsumen penggemar Boygroup, Korea NCT 127 di Indonesia

Dewa Brata Gilang, 2021. Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo di Yogyakarta

Dhaefina, Zahrana, Merza Nur AR, Pirmansyah, dan Vicky F. Sanjaya. 2021. Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Image dan Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Lemonilo pada Media Sosial Intagram, Jurnal Manajemen. 7(1)

Dosen STIE IPWIJA. 2017. Belajar Manajemen Dimulai Dari Sini. Ahli Media Book: Jakarta

Faradasya, Cantika Indah. 2021. Pengaruh Brand Ambassador KPOP Stray Kids dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus E-commerce Shopee). E- proceeding Management. 8(2)

Hendayana. Yayan dan Ni’matul Afifah. 2020. Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. KINERJA Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. 3(1)

Hidayati, Noor, 2018. Hubungan Antara Fanatisme dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Penggemar KPOP di Semarang

Immaculata, Marsella Aprilia dan Lusia Savitri Setyo Utami. 2021. Pengaruh Popularitas Brand Ambassador NCT 127 terhadap Minat Beli Produk Nu Green Tea. Prologia. 5(2)

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009, Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Erlangga. Jakarta

Lailiya, Nisfatul. 2020. Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Iqtisha Dequity. 2(2)

Lestari, Heppiana, 2018. Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Online Kepada Konsumen Innisfree di Indonesia dan China)

Liya, Inda, Heru Budiono, Karmila, dan Vicky F. Sanjaya. 2021. Pengaruh HallyuWave, Brand Ambassador, Brand Image, dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken. Jurnal Manajemen Bisnis Islam. 2(1)

Maulida, Chairunnisa Nurul dan Arina Diena Kamila. 2021. Pengaruh K-Pop Brand Ambassador Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Pengguna Shopee). Kinesik. 8(2)

Muhani dan Hanum San Sabillah. 2022. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Word Of Mouth, Kualitas Website, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. Fair Value, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. 4(3)

Mukaromah, Eka Fitriah. 2020. Pengaruh Fanatisme, Brand Love, dan Perilaku Konsumtif Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise (Studi Pada Arema FC Official Store di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. 8(2)

Nadia, Shyfa Mourizka dan Pramitha Aulia. 2020. Pengaruh Brand Ambassador BTS KPOP Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. E- Proceeding of Management. 7(2)

Prasetyo, Panji Eka. 2016. Brand Ambassador dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek (Studi Kasus Pada Xl Axiata di Pelajar dan Mahasiswa Yogyakarta)

Rahmadani, Amarilis 2021. Pengaruh Korean Wave, Brand Ambassador, dan Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific di Yogyakarta

Rahmani, Putri Indar. 2019. Pengaruh Perilaku Konsumtif dan Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Wanita Bekerja di Wilayah Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen. 7(2)

Rahmawan, Ginanajar dan Rizki Hidayat. 2020. Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Pengguna Tokopedia. Jurnal Manajemen. 12(2), 227-232

Sagia, Ayu dan Syafrizal Helmi Situmorang. 2018. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia. 5(2)

Sumarsid dan Atik Budi Paryanti. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Wilayah Kecamatan Setiabudi). Junal Ilmiah M-Progress. 12(1)

Sriyanto, Agus dan Aris Wahyu Kuncoro. 2019. Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen. 8(1)

Yuliadewi, Vina Aulia. 2021. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Terhadap Consumer-Based Brand Equity dan Purcase Intention (Studi Pada Penonton Iklan NU Green Tea Oleh NCT 127 di Kalangan Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. 9(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v7i2.622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.