Peran Religiusitas dalam Memoderasi Persepsi, Preferensi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia

Mayogi Araffi, Slamet Haryono

Abstract


This study aims to test the influence of perception, preference and knowledge on the interest of being a customer in Islamic banks with religiosity as a moderation variable. This research uses a type of field research with a quantitative approach. The data source in this study is primary data obtained from the results of questionnaires with assessments using the likert scale. The population in this study was 100 respondents. In data analysis, the data analysis technique used is regression analysis in moderation. The results showed that perception affects the interest in becoming a customer, but preferences and knowledge have no effect on the interest in becoming a customer. Then religiosity can moderate the perception of interest in being a customer, while religiosity cannot moderate preferences and knowledge of interests in becoming a customer.


Keywords


Perception; Preference; Knowledge; Interest; religiosity

Full Text:

PDF

References


Aminudin, M. 2018. Pengaruh Pengetahuan Santri, Lokasi Dan Fasilitas Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Al Huda Doglo Cepogo Kabupaten Boyolali), Doctoral dissertation, IAIN Salatiga.

Anburika, N. 2018. Pengaruh Minat Dan Preferensi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk-Produk di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.

Andriani, G. F., & Halmawati, H. 2019. Pengaruh Bagi Hasil, Kelompok Acuan, Kepercayaan Dan Budaya Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1322–1336. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.145

Arno, A. K. 2014, Preferensi Guru Dan Dosen Dalam Menyimpan Dana Pada Bank Syariah di Kota Palopo (Kajian pada Lembaga Pendidikan Islam).

Asraf, A. 2014. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(1), 61-72.

BPS. 2021. Kota Banjarmasin Dalam Angka 2021. Bps.Go.Id. https://banjarmasinkota.bps.go.id/publication/2021/02/26/048ab356826a4dc4ce1e159b/kota-banjarmasin-dalam-angka-2021.html

Fauzi, A., & Murniawaty, I. 2020. Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473-486.

Handayani, A., Azman, H. A., & Novel, I. 2019. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Dengan Faktor Religiusitas Sebagai Moderating Variable. Ekonomika Syariah : Journal of Economic Studies, 3(1), 1. https://doi.org/10.30983/es.v3i1.934

Hasanah, F. 2019. Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

Meidisa, C., & Susanti, F. 2019. Pengaruh Preferensi Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Nagari Unit Layanan Syariah Cabang Pasar Raya Padang.

Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. 2019. Pengaruh pengetahuan, reputasi, lingkungan dan religiusitas terhadap minat pelajar Sekolah Menengah Kejuruan prodi perbankan Syariah dalam menabung di bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 14–37.

Najwa, H. 2020. Analisis tingkat pengetahuan guru madrasah tsanawiyah di Pondok Pesantren Darussalam Bermi Lombok Barat tentang perbankan syariah terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah, Doctoral dissertation, UIN Mataram.

Ningsih, J. S. 2017. Pengaruh Persepsi, Tingkat Religiusitas dan Disposable Income Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syari’ah (Studi Pada Dosen UIN Raden Intan Lampung), Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Nurudin, N., Arifin, J., & Ma’ruf, A. 2021. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan Syariah, Dan Kebudayaan Terhadap Minat Menabung Santri Kota Semarang Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. EL MUDHORIB : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v2i1.79

Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. 2021. Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 10(1), 177-187.

Puji, P. S., & Hakim, L. 2021. Peran Gender sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Inklusi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menabung Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p1-12

Rahmayati. 2021. Competition Strategy in the Islamic Banking Industry: An Empirical Review. International Journal of Business, Economics, and Social Development, 2(2), 65–71. https://doi.org/10.46336/ijbesd.v2i2.133

Ramadhani, E. B., Hakim, A., & Pratiwi, R. 2019. Effect of Perfection on Sharia Bank and Variety Seeking on Customer Switching Invention From Conventional Banks in Bekasi City. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 5–19.

Riska, R. 2021. Religiusitas dan Pengaruhnya Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di Kota Palopo), Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

Rohani, M. 2021. Pengaruh persepsi dan kepercayaan terhadap minat guru menjadi nasabah perbankan syariah (studi kasus guru Madrasah Aliyah Negeri Tapanuli Selatan), Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Rokhani, S., & Nurkhin, A. 2021. Pengaruh Pengetahuan dan Karakteristik Bank Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Business and Accounting Education Journal, 2(2), 221–229. https://doi.org/10.15294/baej.v2i2.50651

Sari, C. N., & Ratno, F. A. 2020. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 8(2), 312–327. https://doi.org/10.24952/masharif.v8i2.3828

Sugesti, P., & Hakim, L. 2021. Peran Religiusitas dalam Memoderasi Disposable Income dan Pengetahuan Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 5(1), 47-58.

Thohari, C., & Hakim, L. 2021. Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 46-57.

Utamy, O. D. B., & Widhiastuti, R. 2020. The effect of Sharia bank knowledge, promotion, and facilities on savings decisions at Sharia banks with savings interest as mediation variables. Journal of Islamic Economics, Management, and Business (JIEMB), 1(1), 1–28. https://doi.org/10.21580/jiemb.2019.1.1.3986

Waadarahmah, W. 2022. Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Kabupaten Bima Menjadi Nasabah di Bank Syariah dengan Pengetahuan Sebagai Variabel Moderasi. Al-Fiddhoh, 3(1), 16-27.

Wulandari, S. 2020. Pengaruh Kepercayaan dan Citra Perusahaan terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Sumsel Babel Syariah Palembang dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi, Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v7i2.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.