Pengaruh Leverage dan Firm Size terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

Vicky Oktavian Kharisma, Erna Sulistyowati

Abstract


This study aims to examine the effect of Leverage, and Firm Size on Corporate Social Responsibility (CSR). The method used in this study is a quantitative method with secondary data in the form of an annual report or annual report obtained from the IDX website or each company. The sample selection technique used purposive sampling with a sample of 140 samples from 35 companies in the period 2017 to 2020. The data analysis technique in this study used multiple regression analysis with the help of SPSS software version 24. The results of this study indicate that partially Leverage variable has no effect. on Corporate Social Responsibility (CSR) and the Firm Size variable has an effect on Corporate Social Responsibility (CSR).


Keywords


Leverage, Firm Size, Corporate Social Responbility

Full Text:

PDF

References


Abbas, D. S., Hakim, M. Z. and Nur, I. 2019, Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017), E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 1–25. doi: 10.24843/eja.2019.v29.i01.p08.

Aini, N. et al. 2017, Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Kinerja Lingkungan Hidup Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility, Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 1(6), 67–82.

Amelia, N. 2020, Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(5), 97–111.

Astuti, D. W. 2019, Pengaruh Profitabilitas , Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Akuntansi Dewantara, 3(2), 179–191. doi: 10.26460/AD.V3I2.5287.

Erviana Evi, Arifudin, dan J. 2019, Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Kebijakan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016, Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 98–111.

https://www.globalreporting.org/standards/ (no date) Global Report Initiative (GRI) versi G4.

Purba, I. A. P. L. and Candradewi, M. R. 2019, Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Resonbility, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5372–5400. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p02.

Putri, R. K., Zulbahridar and Kurnia, P. 2017, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Basis Kepemilikan Terhadap Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode Tahun 2012-2014, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 558–571.

Ruroh, I. N. and Latifah, S. W. 2018, Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Risk Minimization Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015- 2016), Jurnal Akademi Akuntansi, 1(1), 42–53.

Saragih, A. E. and Sembiring, Y. C. B. 2019, Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage,Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bei, JRAK, 5(2), 139–164.

Silitonga, I. M. and Simanjuntak, A. 2019, Pengaruh Corporate Governance, Financial Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Corporate Financial Performance Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Manajemen, 5(2), 215–224.

Yanti, N. L. E. K., Endiana, I. D. M. and Pramesti, I. G. A. A. 2021, Pengaruh Ukuran Perusahan, Ukuran Dewan Komisaris, Kepemilikan Institusional, Leverage, Dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1), 42–51.

Yovana, D. G. and Kadir, A. 2020, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social (CSR), Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 21(1), 15–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v7i2.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.