Analisis Syariah Marketing Mix Arrum BPKB dan Urgensinya dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Nasabah Pegadaian UPS Diponegoro Sumenep

Sayyidatul Munawaroh, Ahmad Makhtum

Abstract


The main objective of this study is to analyse the impact of the Arrum BPKB sharia marketing mix at Pegadaian UPS Diponegoro on the income level of MSME customers.This qualitative case study uses structured interviews to collect primary data from MSME players, complemented by secondary data from institutional records. The focus of the analysis is placed on understanding how the application of Sharia principles in marketing can improve business funding solutions. The application of Sharia Marketing Mix for Arrum BPKB financing has significantly increased customer interest and participation. Interviews with five MSME customers showed a marked increase in their daily and monthly income, confirming the effectiveness of this strategy in the real world. This study highlights the alignment of Shariah-compliant practices with customer needs and market dynamics. The findings underscore the importance of incorporating Shariah principles in marketing strategies in Islamic financial services. In practical terms, this approach not only helps in complying with ethical standards, but also enhances customer trust and financial inclusion for cash-strapped MSMEs. This study introduces new insights into the localised impact of Shariah marketing practices on MSME profitability, particularly in the Indonesian financial services context, and sets a precedent for further regional studies


Keywords


Arrum BPKB; Costumer Satisfaction; Islamic Finance; MSME Income Enhancement.

Full Text:

PDF

References


Amalia, Alfi Rizky. 2021. “Peran Arrum BPKB PT. Pegadaian Syariah Cabang A.Yani Jember dalam Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil di Pasar Kepatihan JEMBER [Undergraduate, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah].” Institut Agama Islam Negeri Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/7107/.

Basri, Zulfiani, Sitti Fatimah, dan Miftah Farild. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah (Rahn) dalam Meningkatkan Minat Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Sentral Makassar.” Islamic Banking, Economic and Financial Journal 2 (2): 21–35.

Evi, Dian Sari. 2022. “Analisis Penerapan Marketing Mix Terhadap Produk Deposito Mudharabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus BPR Syariah Bandar Lampung).” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/18980/.

Fitriyah, Siti Lailatul, dan Taufiqur Rahman. 2023. “Peranan dan Strategi Pemasaran KUR Mikro dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM di Kabupaten Bojonegoro Studi Pada BSI KC Bojonegoro.” Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance 6 (2): 636–46. https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).15161.

Ihwal, Ihwal. 2022. “Analisis Produk Pembiayaan Arrum BPKB dalam Meningkatkan Usaha Mikro Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5204/1/IHWAL.pdf.

Istiftahu Syifa, Muhammad, dan Zuhrinal M. Nawawi. 2022. “Analisis Peran Pembiayaan Ar-rum BPKB oleh Pegadaian Syariah terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah: Studi Kasus: Pegadaian Syariah Cabang Ar-Hakim Medan.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 4 (1): 204–17. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i1.1360.

Iswana, Dzulfiyah, Ahmad Syathori, dan Abd. Muin. 2024. “Strategi Marketing Pada Produk Arrum BPKB Di Pegadaian Syariah CPS Pasar Baru Indramayu Ditinjau Dari Aplikasi Market Share Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah.” JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance 3 (1): 52–59. https://doi.org/10.31943/jsef.v3i1.39.

Khair, Anisatul, dan Firman Setiawan. 2024. “Analisis Determinan pada Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggadaikan Emas di Pegadaian UPS Pasar Anom.” Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 6 (2): 1073–91. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.341.

Lindiawatie, Lindiawatie, dan Dhona Shahreza. 2021. “Strategi Akselerasi Insurtech Syariah Meningkatkan Nasabah Pengguna Asuransi di Indonesa (Studi Kasus Startup YukTakaful).” Indonesian Journal of Islamic Economics and Business 6 (2): 73–85. https://doi.org/10.30631/ijoieb.v6i2.930.

Mohamad, Roni, dan Endang Rahim. 2021. “Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah.” MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah) 2 (1): 15–26.

Novriansyah, Muh, dan Sri Herianingrum. 2019. “Peran pembiayaan produk ARRUM BPKB PT pegadaian syariah dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah di kota surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 6 (8): 1718–32. https://doi.org/10.20473/vol6iss20198pp1718-1732.

Pegadaian UPS Diponegoro, Nasabah. 2024. Wawancara dengan Nasabah Pegadaian UPS Diponegoro. (2024, Maret 28). Syariah Marketing Mix (Sumenep)[Komunikasi pribadi].

Pegadaian, Pegadaian. t.t. “Apa Itu Arrum Pinjaman Usaha Syariah ?” Pegadaian.co.id (blog). https://www.pegadaian.co.id/produk/pinjaman-usaha.

Pegadaian UPS Diponegoro, A.O. 2024. Wawancara dengan A.O Pegadaian UPS Diponegoro. (2024, Maret 28). Syariah Marketing Mix (Sumenep)[Komunikasi pribadi].

Pegadaian UPS Diponegoro, BPO KUR. 2024. Wawancara dengan BPO KUR Pegadaian UPS Diponegoro. (2024, Maret 28). Syariah Marketing Mix (Sumenep) [Komunikasi pribadi].

Pulungan, Eka Novi Anti. 2022. “Analisis produk pembiayaan Arrum BPKB dalam meningkatkan usaha mikro nasabah pada PT Pegadaian Syariah Alaman Bolak.” UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/9156.

Salsabila, Rizka, dan Chuzaimah Batubara. 2023. “Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah Untuk Meningkatkan Penjualan Jasa Dan Produk.” Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) 4 (1): 1868–77. https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4645.

Shobikin, Shobikin. 2023. “Penerapan Marketing Mix Syariah pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ekonomi Syariah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 9 (1): 1183–88. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.8485.

Surahman, Maman, dan Panji Adam. 2018. “Penarapan Prinsip Syariah Pada Akad Rahn di Lembaga Pegadaian Syariah.” Law and Justice 2 (2): 135–46. https://doi.org/10.23917/laj.v2i2.3838.

Tyastutik, Yulfi. 2021. “Strategi Marketing Mix Dalam Menarik Minat Nasabah Pembiayaan Musyarakah Mikro Di Bank Syariah Indonesia KCP Magetan.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17070.

Zakharia, Muhammad Shayid, dan Agus Eko Sujianto. 2022. “Pengaruh Marketing Mix Syariah (7P) terhadap Minat Beli Konsumen di Rumah Makan Ayam Lodho Pak Yusuf Plosokandang.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 3 (5): 835–52. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1122.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.