Pengaruh Inovasi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Tokopedia di Kota Bandung (Studi Kasus pada Produk Berlabel Dilayani Tokopedia)

Ismail Solihin, Revael Ardy Sadeli

Abstract


This research test aims to see the influence of product and price innovation on the purchasing decisions of Tokopedia users in the city of Bandung. The thorough test used data collected from questionnaires using purposive sampling technique, the number of respondents was 100 people. This thorough test uses validity and reliability test instruments. The hypothesis in this study uses multiple linear regression, coefficient of determination, partial and simultaneous. The results obtained from this thorough test are that partially, Product Innovation and Price have a significant influence on Purchasing Decisions. The F test results show that the calculated f result is 61,338, which is more than the f table of 3.09. From this it can be said that Innovation and Price have a significant influence on Purchasing Decisions.


Keywords


Product Innovation, Price, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAISON NOB. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 3, Issue 2).

Alfin, C (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Kristen Krida Wacana.

Alief Amanullah Fairuz, Rois Arifin, Afi Rachmat Slamet (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Showroom Ud. Hikmah Motor Group Malang). jurnal Prodi manajemen. 15–31.

Amelia Almira dan JE Susanto (2018) . Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Fakultas Ekonomi. Jurnal Performa E-ISSN :25274635.

Aria, & Atik. (2018). Manajemen Pemasaran. CV Literasi Nusantara Abadi

Arief, Adi Satria (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 1, April 2017.

Arifai, A. A., & Trihandayani, Z. (2018). HARGA, KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS KW CARTIER DI KALANGAN MAHASISWI SEBAGAI PENUNJANG PENAMPILAN KULIAH.Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini,8(3), 16-22.

Batu, R. L., Suryani, N. I., Septia, N., & Sekaryahya, P. F. (2020). Pengaruh Harga dan Inovasi Layanan Aplikasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Taksi Express: Survei pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis.Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM,1(01), 1-22.

Bayu Rizki Moputi, Wawan K. Tolinggi, dan Yuriko Boekoesoe (2017) Pengaruh Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian pada UKM Flamboyan di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Agribisnis P-ISSN : 2597-7075 E-ISSN : 2541-6847

Dewi, (2017). Strategi Bisnis Pemasaran dan Penjualan Online, Indonesia: IPB Press.

Fadel, Retzen, dan Nurdin, Nurdin (2015). Analisis Strategi Pemasaran dan Penjualan E- Commerce Pada Tokopedia.Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer. Vol 1 No.2.

Gaffar Maulana, Muhammad, Gunadi, Wasis 2023. Pengaruh promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Tokopedia Wilayah DKI Jakarta, Fakultas Ekonomi, Universitas Surya Darma.

Irawan, R. (2016). Pengaruh Inovasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Ringan Yagi Yagi Di Easy Café Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Maino, G. P. (2022). Pengaruh Inovasi, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Pada Verel Bakery And Coffee. Jurnal EMBA, 10(1), 184–190.

Nugroho, Azhar Cahyo, Budiarti, Anindhtya. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Harga di Aplikasi Tokopedia, Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Surabaya.

Oktavia, Erica Bella, Fatimah, Feti, Puspitadewi Ira, 2022. Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening Indonesia di Tokopedia. Fakultas Ekonomi. Jurusan Manajemen Universitas Muhammadiyah, Jember.

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S (2019). Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online. September.

Retnowulan, J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Jurnal Cakrawala, 17(2), 139–145.

Rosdiana, dkk (2020). Analisis Pengaruh Inovasi, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174.

Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Media Sosial

Susanto, Y. W. (2017). Pengaruh Inovasi, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Roti dan Kue Ferissa Bantul Yogyakarta. Universitas PGRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1761

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.