Pengaruh Keragaman Produk Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening di Marketplace Shopee

Neneng Hardianti, Henny Welsa, Nonik Kusuma Ningrum

Abstract


The emergence of the internet today changed the way people communicate. The internet continues to show its intelligence and sophistication through updates from time to time to make it easier for humans to improve their capabilities and support all activities they carry out every day. This study aims to determine the relationship between product diversity, brand image and consumer trust in purchasing decisions through purchase intentions such as the Shopee Marketplace. This study used a quantitative approach by taking 125 samples in the Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta University students. Selected by using purposive sampling technique. Questionnaire data collection methods and literature studies related to the indicators used. This study shows that product diversity has a positive and significant effect on purchase intention.


Keywords


Product diversity, Brand image, Consumer trust, Purchase decision, Buying Interest

Full Text:

PDF

References


A Gifani, & S Syahputra. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smatphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom.

Achadi, Surveyandani, & Prabawa. (2021). Pengaruh Kualitas website E-Commerce, Kepercayaan, Persepsi Resiko Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Beli Secara Online Di Bukalapak.com .

Aisah Salsabila, & Ali Maskur. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Citra Merek Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan Di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis .

Alwafi, Fachrizi, & Rizal Hari Magnadi. (2016). Pengaruh Persepssi Keamanan Kemudahan Bertransaksi Kepercayaan Terhadap Toko Pengalaman Berbelanja terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual beli Tokopedia.com .

Amstrong G, & Philip K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid 1). Prenhalindo.

Arlan wijonarko. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Android (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pada Mahasiswa Purworejo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis .

Bogia. (2022). The Influence of Trust, Convenince and product diversity on Purchase Decision of Tokopedia Clothing Product. Jurnal EMBA .

E Firmansyah. (2018). Citra Merek Dan Keputusan Pembelian (Kasus Pada Produk Mie Instan ). Jurnal Wawasan Manajemen.

Evita. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (studi kasus pada bakso boedjangan cabang burangrang bandung tahun 2017).

Fatmawati. (n.d.). Kualitas Produk Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.”

Ghani, & Rizki. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Indonesia (Survei pada mahasiswa S1 fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 yang membeli barang secara online di E-Commerce .

Hanaysha J.R. (2018). An Examination Of The Factors Affecting Consumare Purchase Decision In The Malaysia Retail Market.

Hanjaya, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk,Pengetahuan Produk Dan Keragaman Menu Terhadap Keputusan Pembelian Produk Capra Latte. Jurnal Manajemen.

Hidayat. (2020). Pengaruh Lokasi Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Bangunan Atha Mandiri Dukuhwaluh).

Iffa Ainur Rozi. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk Kualitas pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Riset Dan Manajmenen .

Indriana. (2023). Ekuitas Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Masker Sensi.

Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Poduk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen .

Koesworodjati, & Fadillah. (2022). The Effect Of Product Mix And Company Image On Purchase Decisions On E-Commerece Shopee. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen.

Kotler & Keller. (2016). Marketing Management.

Kotler, P. , & K. K. L. (2016). Marketing Management 16 edition .

Lovelock, Christoper H dan Lauren K, & Waright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa (Cetakan II. Jakarta).

Maharama, & Arif Reza. (2017). Pengaruh Kepercayaan Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Smearang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening .

Marlina, & Syamsuar. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (studi kasus pada mahasiswa sekolah tinggi ilmu ekonomi Indonesia Jakarta).

Mulia, & Octaviani. (2021). Keputusan Pembelian Berdasarkan Harga, Keragaman Produk Dan Pengaruhnya (studi kasus CV. Melati putih cake cibadak). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Akuntansi.

Nunung Indriani, Sudarwati, & Siti Maryam. (2020). Minat Beli Konsumen Di Tinjau Dari Diskon Harga, keragaman Produk, Kepercayaan Merek (Studi Pada Merek So Klin Lantai Luwes Kestalan Surakarta). Jurnal Widya Ganecwara, 29, 3.

Pavlou, P. (2003). Consumer Acceptance Of Electronic Commerce (Integrating trust and risk with the technology acceptance mode. International Journal of Electronic Commerce.

Pavlou P.A. (2003). Consumer Acceptanceof Elektronic Commerce: Integrating Trust and Risk With The Technology Acceptence model . International Journal of Elektronic Commerce, 101–134.

Pradana. (2018). Pengaruh Promosi Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xenia Pada Asco Daihatsu Di Kabupaten Jember.

Pratama, & Santoso. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Produk Stuck Original.

Purbohastuti, & Hidayah. (2020). Meningkatkan Minat Beli Poduk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan .

Puspita Dewi Rahayu, & Djawoto. (2017). Pengaruh Kemudahan . Jurnal Ilmu Dan Rise Manajemen .

Putri. (2018). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek.

Putri, & Gunawan. (2021). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal EMBISS.

Ramadhani. (2020). Pengaruh Citra Merek Kepercayaan Kualitas Pelayanan Website Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang .

Rambat Lupiyoadi, & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa.

Ratih Indriyani, & Atita Suri. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran .

Rosdiana, & dkk. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minata Beli Produk Pakaiana Secara Online.

Sari. (2017). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di PB Swalayan Metro.

Sari. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Jurnal Ilmiah Psikologi.

Sari C, & Rodhiah. (2020). Pengaruh Kepercayaan Persepsi Harga Dan Kinerja Operasional Terhadap Minat Beli Pelanggan Lazada. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.