Pengaruh Pemahaman, Norma Subjektif dan Sanksi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Jepara dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening

Evi Jayanti, Trisni Suryarini

Abstract


This study aims to determine the effect of understanding, subjective norms and sanctions on MSME taxpayer compliance in Jepara City with taxpayer awareness as an intervening variable. In this study, the sample used was 100 samples of MSME actors in Jepara City using the slovin formula. This research uses simple random sampling method, distributing questionnaires and multiple linear regression. The results of this study indicate that tax understanding, subjective norms and taxpayer awareness have a positive effect on taxpayer compliance. While tax sanctions do not affect taxpayer compliance. Tax understanding has no effect on taxpayer awareness. However, subjective norms and tax sanctions have a positive effect on taxpayer awareness. Then, taxpayer awareness can mediate the effect of subjective norms and tax sanctions on taxpayer compliance but cannot mediate tax understanding.


Keywords


Taxpayer Compliance, Understanding, Subjective Norms, Sanctions, Taxpayer Awareness

Full Text:

PDF

References


Adegboye, A. C., & Egharevba, M. I. (2018, May ). Business Chacateristics, Tax Administration and Tax Compliance By SMES in Nigeria. International Journal of Ethics and System, Vol. 3, 7-17.

Alshira'h, A. F. (2022). Determinants of Tax Compliance Intention amon Jordanian SMEs: Focus on the Theory of Planned Behavior. Journal Economies, 1-20.

Alshira'h, A. F., & Jabbar, H. A. (2019). Moderating Role of Patriotism on Sales Tax Compliance Among Jordanian SMEs . International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management.

Andreas, & Savitri. (2015). The Effect of Tax Socialization, Tax Knowledge, Expediency of Tax ID Number and Service Quality on Taxpayers Compliance With Taxpayers Awareness as Mediating Variable. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 163-169.

Azizah, F. (2019, February ). Pengaruh Sanksi Pajak dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Usaha. Journal of Finance and Accounting Studies, Vol. 1 No. 1, 33-45.

Cahyani, L. P., & Noviari, N. (2019, Maret). Pengaruh Tarif Pajak, Pemahaman Perpajakan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 26 No.3, 1885-1911.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gwokyalya, W., & Kincoro, R. I. (2019). Tax Compliance Behaviour of Small Business Enterprises in Uganda. Journal of Financial Crime, Vol. 26 No. 4, 117-1132.

Hapsari, A., & Kholis, N. (2020). Analisis Faktor-faktor Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di KPP Pratama Karanganyar. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Indonesia.

Indrawan, R., & Binekas, B. (2018). Pemahaman Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 6 No. 3 , 419-428.

Karwur, J. M., & Sondakh, J. J. (2020). Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku Yang Dipersepsikan dan Kepercayaan pada Pemerintah terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Niat Sebagai Variabel Intervening (Survey pada KPP Pratama Manado). Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing, Vol. 11 No. 2, 113-130.

Listyowati, & Suhendro. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak. Jurnal Riset Akuntansi dan Airlangga, Vol. 3 No. 1.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan Edisi Terbaru . Penerbit Andi.

Noviari, L. P. (2019). Pengaruh Tarif Pajak, Pemahaman Perpajakan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM . E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Nuraini, K. M. (2022). Pengaruh Literasi Pajak, Pelayanan Sistem Perpajakan dan Sanksi pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Kota magelang dengan Kesadaran Membayar Pajak sebagai Variabel Intervening.

Nurcahyono, & Subki, M. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak : Studi KPP kota Semarang . Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan .

Nurmantu, S. (2005). Pengantar Perpajakan. Jakarta: Granit.

Oliviandy, N. A., & Astuti, T. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Selama Pandemi Covid-19. Wahana Riset Akuntansi, 91-105.

Pau, H. I. (2022, September ). Pengaruh Pemahaman Perpajakan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Maumere. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis, Vol. 1 No. 2, 6-13.

Pratama, R. A., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Padang. Jurnal Eksplorasi Akuntansi.

Putra, A. F. (2020, Juni). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM : Pengetahuan Pajak, Sanksi pajak dan Modernisasi Sistem. Jurnal Riset Akuntansi dan Perpajakan, Vol. 7 No. 1, 1-12.

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan. Bandung: Rekayasa Sains.

Ramadhani, M. S., & Samsudin. (2022). Analysis of Determinants Affecting Rural and Urban Land and Building Taxpayer Compliance in Dompu Regency with Regency with Taxpayer Awawreness as A Moderating Variable. Jurnal Multidisiplin, Vol. 2 No. 1, 1-22.

Resmi, S. (2009). Perpajakan : Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Samsuar. (2019). ATRIBUSI. Jurnal Network Media, 65-69.

Sani, A., & Habibie, A. (2017). Pengaruh Moral Wajib Pajak, Sikap Wajib Pajak dan Norma Subjektif terhadap Kepatuhan Pajak melalui Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 5 No. 2, 80-96.

Setyorini, C. T., & Susilowati, D. (2018). Analysis of Implementation of SMEs Tax Enforcement : The Effect of tax justice dimensions, Understanding of Tax Accounting SME's Tax Compliance. Journal of Economics, Business and Accountancy Ventura.

Soda, J., & Budiarso, N. S. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Perpajakan dan Persepsi Keadilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Manado. Jurnal EMBA.

Sofiana, L. (2021). Pengaruh Sanksi Pajak dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadarann Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Indonesia, 17 (11), 52-63.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tanjung, S., & Arifin, S. B. (2022). Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening pada KPP Pratama Medan Melawan. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi, Vo. 2 No. 2, 153-161.

Venti, & Sandra, A. (2021). Pengrauh Sosialisasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Usahawan dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Perpajakan, Vol.1 No. 1, 107-124.

Zaikin, M., & Rasyid, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak dan Sosialisais Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening. Riset & Jurnal Akuntansi, Vol 7 No 1, 57-76.

Zainuddin. (2017, Oktober ). Pengetahuan dan Pemahaman Aturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Atas Efektivitas Sistem Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak dengan Kesadaran Membayar Pajak sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, Vol.10 No.2 , 223-246.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.