Peran Customer Value dalam Memediasi Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di Kota Jambi

Anaseputri Jamira, Andri Yandi

Abstract


The purpose of this study is to examine the relationship between green marketing, customer value, and purchasing decision of Low Cost Green Car (LCGC) in Jambi City. To analyze customer value as mediating or intervening variable, Path Analysis with SPSS for Windows 21.0. software is used to confirm the relationship between variables. There are 120 respondents who are as Low Cost Green Car (LCGC) consumer and decision maker of buying it in Jambi City, that participated in this research by fulfill questionnaires. The results show that green marketing and customer value are important variables which each variable has influence on purchasing decision, and customer value acts as a mediating variable of green marketing to purchasing decision. This study needs to be followed up again to see what factors are can influence the decision to purchase a Low Cost Green Car (LCGC) in Jambi City.              

Keywords


Green Marketing, Customer Value, Purchasing Decision

Full Text:

PDF

References


Agustin, R.D., Kumadji, S dan Yulianto, E. 2015. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. (Survey Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 22 No. 2.

Astuti, S., W. dan Cahyadi, I., G. 2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Majalah Ekonomi No. 2.

Engel, J.F, Blackwell, Rd, and Miniard, DW. 1995. Perilaku Konsumen. Jilid I. (Boediono. Terjemahan). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Undip.

Hanifah, A.D., Arifin, Z., an Hidayat, K. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Berwawasan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pembeli yang Menghuni Perumahan Ijen Nirwana Malang). Jurnal Adminisrasi Bisnis (JAB). Vol. 32 No. 2.

Haryadi, R. 2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekata Marketing MIX (Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta). Tesis UNDIP.

Junaedi, M.F.S. 2005. Pengaruh Kesadaran Lingkungan pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Benefit, Vol. 9, No. 2.

Juwaheer, T.D & Pudaruth, S. 2012. Analysing the impact of green marketing strategies on consumer purchasing pattern in Mauritius. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development. Vol. 8. 1

Kampani. P., Kumadji, S., dan Kusumawati, A. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Mobil (Studi pada Konsumen PT Astra International Tbk.-TSO Malang Sutoyo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 12, No. 1.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Terjemahan. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P dan Amrstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, diterjemahkan oleh Damos Sihombing.Jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran, diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jilid 2. MM Jakarta: Erlangga.

Lozada, H.R. 2000. Ecological Sustainability and Marketing Strategy: Review and Implication. Seton Hall University.

Marhadi., Ayu, N., dan Noviasari, H. 2013. Pengaruh Strategi Freen Marketing Pada Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam membeli Rumah Di Perumahan PT. Asta Karya Pekanbaru. Jurnal Ekonomi. Volume 21, Nomor 2.

Riduwan dan Kuncoro, E.K. 2013. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Alfabeta: Bandung.

Shaputra, K.S., 2013. Penerapan Green Marketing Pada Bisnis Produk Kosmetik. Tesis Tidak Di Publikasikan.

Singarimbun, M dan Effendi, S. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3AES.

Stevanie, C. 2014. Pengaruh Green Marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Pada Ades (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University).

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B dan Handoko, T.H. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.

Sweeney, J.C. dan Soutar, G,N. 2001. Consumer Perceived Value: The Development of A Multiple Item Scale. Journal of Retailing. 77: 203-220.

Tiwari, Sandeep, Durgesh Mani Tripati, Upsana Srivasta, and PK. Yadav. 2011. Green Marketing–Emerging Dimension. Journal of Business Excellence. 4: 9-11.)

Tjiptono, F. 2012. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. 2008. Metode riset bisnis: dilengkapi contoh proposal dan riset bidang manajemen dan akuntansi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v4i2.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.