Dampak Rasio Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pemoderasi Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara

Hasib Hanafi Anas, Dhani Ichsanuddin Nur

Abstract


This study investigates the relationship between profitability parameters and company size and firm value moderated by disclosure of corporate social responsibility in the coal mining sub-sector which is traded on the Indonesia Stock Exchange. The results of the study found that firm value increases with profitability, decreases significantly with firm size, profitability moderated by disclosure of corporate social responsibility has a significant negative effect on firm value, and firm size moderated by disclosure of corporate social responsibility cannot contribute to firm value. Moderate regression analysis used for data analysis in this study is Moderated Regression Analysis (MRA).


Keywords


Profitability; Signal Theory; Company Size; Disclosure of Corporate Social Responsibility; Corporate Value.

Full Text:

PDF

References


Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi 14-Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Darmawan, A., Putragita, Y., Purnadi, & Aryoko, Y. P. (2020). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol. Balance : Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5(1), 83-92.

Febiyanti, T. I., & Anwar, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi terhadap Perusahaan Properti dan Real Estate. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1784-1794.

Handayani, F., & Martha, L. (2019, July 31). Hubungan Antara Profitabilitas Dengan Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Oleh Corporate Social Responsibility. Retrieved from https://doi.org/10.31227/osf.io/q2wf5

Husnan, S. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang) (Keempat ed.). Yogyakarta: BPFE.

Imron, G. S., Hidayat, R., & Alliyah, S. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Sosial Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. POTENSIO Vol. 18 No. 2, 82-93.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 10 (2), 333-348.

Listari, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol.6 No.1, 53-62.

Lumoly, S., Murni, S., & Untu, V. N. (2018). Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Junal EMBA Vol.6 No.3, 1108-1117.

Ningrum, U. N., & Asandimitra, N. (2017). PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GCG DAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN PERINGKAT PERTAMAARA, ISRA DAN PERINGKAT EMAS PROPER YANG LISTING DI BEI PERIODE 2011-2015. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomor 3, 1-14.

Novari, P. M., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor properti dan real estate. E-Jurnal Manajemen, 5671-5694.

Pradani, A. P., Nur, D. I., & Wikartika, I. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Wholesale. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 10 Nomor 1, 10-19.

Prasetia, T. E., Tommy, P., & Saerang, I. S. (2014). Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal EMBA Vol.2 No.2, 879-889.

Prena, G. D., & Muliyawan, I. I. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi) Volume 19 Nomor 2, 131-142.

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). JURNAL RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN 7(1), 67-82.

Raningsih, N. K., & Artini, L. G. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7.8, 1997-2026.

Widiyati, D. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Cash On Hand Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Batu Bara Yang Go Public Tahun 2017-2018 Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Akuntansi 15(2), 279-289.

Yanto, E. (2018). Effect of Corporate Social Responsibility and Good Corporate Governance on the Value of Company with Profitability as Moderating Variables. Journal of Applied Accounting and, 36-49.

Yuniningsih, Y. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. (E. Purwanto, Ed.) Sidoarjo: Indomedia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.