Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie Goreng dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening

Richardus Mosa Leke, Henny Welsa, Agus Dwi Cahya

Abstract


This study aims to examine and determine: the effect of brand image and price on customer loyalty of indomie goreng with satisfaction as an intervening variable. The method used in this study is a quantitative method with primary data obtained through a questionnaire (questionnaire). The sample of this study was 100 respondents with purposive random sampling technique which was then processed using the spss 21.0 data processing application and analyzed using multiple linear analysis. The results of the study indicate that brand image has a positive and significant effect on customer loyalty. Price has a positive effect on customer loyalty. Brand image and price simultaneously have a positive effect on customer loyalty. Brand image has a positive and significant effect on customer loyalty with satisfaction as an intervening variable. Price has a positive and significant effect on customer loyalty with satisfaction as an intervening variable.


Keywords


brand image, price, customer loyalty, customer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Difta Octavia Saridewi, R. H. N. 2022. Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1725–1741. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1072

Emik Iriyanti, Nurul Qomariah, A. S. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Depot Mie Pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1), 1–15.

Eugenia Andrea Dennisa, S. B. S. 2016, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13.

Faizal, H., & Nurjanah, S. 2019. Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Hanim. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(2), 307–316. Https://Doi.Org/10.36226/Jrmb.V4i2.271

Farisi, S., & Siregar, Q. R. 2020. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan Salman. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Firatmadi, A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pt. Pelita Air Service). Journal Of Business Studies, 2(2), 2443–3837.

Haryono, N., & Octavia, R. 2020. Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(1), 20–27. Http://Jurnal.Unnur.Ac.Id/Index.Php/Indept/Article/View/139

Husodho, W. R. 2015. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Obyek Wisata Dumilah Water Park Madiun Widyaninggar. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2).

Lubis, I. O., & Suwitho. 2017. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(5), 1–17.

Permono, V. R., Pasharibu, Y., Ekonomika, F., Bisnis, D., Satya, K., & Salatiga, W. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Hut, Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi 4. Http://Ojs.Unik-Kediri.Ac.Id/Index.Php/Jimek

Pratiwi, G., & Lubis, T. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Ud Adli Di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 121–134.

Putiari Alaina Rizki, B. P. 2022. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Indomie melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi,Keuangan Bisnis Syariah, 4(5), 1543–1552. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.1023

Putri, Y. L., & Utomo, H. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V10i1.147

Setyowati, E. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 102.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.