Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Minat Penggunaan E-Wallet LinkAja di Kota Surabaya

Muhammad Miftahul Khoir, Ugy Soebiantoro

Abstract


This journal contributes to understanding the perception of ease of use, promotion and its influence on the interest in using linkaja e-wallets in the city of surabaya. The population in the study are consumers whohave knowledge of linkaja e-wallets as a means of digital payment in the city of surabaya. The use of nonprobability sampling techniques with the accidental sampling method totaled 98 respondents. The quantitative method was chosen with structural equation modeling (sem) data analysis techniques through partial least squares (pls) software. This study obtained findings that the perception of ease of use and joint promotion had a positive effect on the interest in using linkaja e-wallets in the city of surabaya.


Keywords


interest in use; perceived ease of use; promotion.

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chrismastianto, Adhitya Wulanata Imanuel. 2017. Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20(1), 133–44. https://core.ac.uk/download/pdf/190864220.pdf.

Cynthia Kumala, Debby, Joshua Wilson Pranata, Sienny Thio, Program Manajemen Perhotelan, and Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen Petra. 2020. Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmhot.6.1.19.

Dirwan, and Fitriani Latief. 2020. Aspek Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Digital Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management 6(1), 288–98. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai.

Ernawati, Nopy, and Lina Noersanti. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Ecodemica, 4. 200–210.

Genady, Dien Ilham. 2018. Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Di Masyarakat.

Ghozali, Imam. 2011. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS). 3rd ed. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Inayah, Romadhotul. 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan, Dan Promosi Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Pada Masyarakat (Studi Kasus Di Wilayah Kota Purwokerto). Skripsi, 1–173.

Indriyo, Gitosudarmo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta: BPFE.

Joan, Leoni;, and Tony Sijintak. 2019. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jakarta.

Jogiyanto. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Salah Kaprah Dan Pengalaman-Pengalaman Cetakan Kedua. 6th ed. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. 13 Jilid 2. Jakarta: Kharisma.

Mawardani, Fitri, and Renny Dwijayanti. 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9(3), 1455–1463.

Nur Asiah. 2020. Tren E-Wallet Di Indonesia. Womensobsession.Com, 3. https://womensobsession.com/detail/867/tren-e-wallet-di-indonesia.

Pai H, Akhila. 2018. Study On Consumer Perception Towards Digital Wallets. International Journal of Research and Analytical Review 5(3).

Rahmawati, Y.D, and R. Yuliana. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E- Wallet Pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. E-Finance 2 (2), 157–68.

Ramadhanty, Dinda Aulia. 2021. Ketahui 5 Dompet Digital Paling Banyak Digunakan Di Indonesia 2021. Goodnewsfromindonesia.Id, November 24, 2021. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/24/ketahui-5-dompet-digital-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2021.

Safitri, Dinar Dhea;, and Nur Diana. 2020. Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Pengguna Pada Minat Menggunakan Dompet Elektronik Dalam Transaksi Keuangan. E-JRA, 9(5).

Sarah, Salekha Yaumil. 2017. Pengaruh Kemanfaatan Dan Kemudahaan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan E-Pay BRI (Studi Kasus Pada Bank BRI Cabang Slamet Riyadi). Agama Islam Negrei Surakarta.

Sari, Mia Andika, Rodiana Listiawati, Novitasari, and Rahmanita Vidyasari. 2019. Analisa-Pengaruh-Daya-Tarik-Promosi-Terhadap-Minat-E-Wallet-Mia-Andika. Jurnal Ekonomi & Bisnis 18(2), 126–34.

Sati, Ratna Asri Saras. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Sultan, Randy Ramanda, Tuti Haryanti, and Laela Kurniawati. 2019. Analisis Technology Acceptance Model Generasi Millenial Jakarta Terhadap Penggunaan E-Money. Jurnal Pilar Nusa Mandiri 15(1) 133–40. https://doi.org/10.33480/pilar.v15i1.405.

Warnadi, and Aris Triyono. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Wildan, Muhammad. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) [The Influence of Perceived Ease of Use, Effectiveness and Risk on Interest in Transactions Using Financial Technology (F.†Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, 132–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jmas.v7i2.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains) Published by Master of Management Program, Faculty of Economics, Batanghari University
Adress: Fakultas Ekonomi, Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jmas.unbari@gmail.com


Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.